RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP .................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
11. Membiasakan perilaku terpuji
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.
Menjelaskan pengertian kerja keras, tekun, ulet dan teliti
2.
Menampilkan contoh-contoh perilaku
kerja keras, tekun, ulet dan teliti
3.
Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan pengertian kerja keras, tekun, ulet dan teliti, membaca dan mengartikan dalil naqlinya, serta menjelaskan fungsinya dalam kehidupan.
- Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan dan menyukainya.
- Siswa dapat membiasakan diri berperilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan serta merasakan manfaatnya.
Karakter siswa yang diharapkan :
·
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
·
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
·
Tekun ( diligence )
·
Tanggung jawab ( responsibility )
·
Teliti ( Carefully )
·
Kerjakeras ( Bravery )
Materi Pembelajaran
·
Pengertian kerja keras, tekun,
ulet dan teliti
·
Dalil naqli tentang kerja keras,
tekun, ulet dan teliti
- Contoh-contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan.
- Pembiasaan perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan
- Manfaat berperilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan
Metode Pembelajaran
·
Diskusi
·
Tanya jawab
·
CTL
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi
·
Guru memotivasi siswa mengenai
pentingnya berakhlak mulia.
·
Guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil (small group)
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pengertian kerja keras, tekun, ulet dan teliti.
2).
Elaborasi
- Siswa menelaah lebih dalam mengenai kerja keras, tekun, ulet dan teliti.
- Siswa berlatih membaca dalil naqli tentang kerja keras, tekun, ulet dan teliti
- Siswa berdiskusi untuk mencari contoh-contoh nyata perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan.
- Siswa melakukan simulasi perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti.
- Siswa menuliskan kesan-kesannya.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
- Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
- Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
- Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
- Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Sumber Belajar
· Buku PAI kelas VII SMP, Penerbit Arfindo Raya, Grahadi , cv
Arya Duta
· LKS MGMP PAI
· Mushaf Al-Qur’an
Penilaian
Teknik
·
Tes tertulis
Bentuk instrumen
·
Tes uraian
Instrumen
1.
Jelaskan pengertian kerja keras, tekun,
ulet dan teliti ?
2. Tulislah dalil naqli tentang kerja keras !
3.
Berikan contoh penerapan sikap teliti belajar !
4.
Gambarkan sikap anak yang bekerja keras ketika
mendapatkan tugas!
5.
Jelaskan perbedaan antara ulet dan tekun !
Penskoran
Jumlah soal = 5
Satu soal bernilai 20
Jadi apabila benar semua 5 x 20
= 100
Pekalongan, 28 Januari 2013
Mengetahui Guru PPL PAI
Guru Pamong
................................. Gunawan
NIP NIM. 202109209
Saran Kepala Sekolah:
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
...........................................................................................................................................................
No comments:
Post a Comment